DYA's greeting

Kita hidup dalam ketegangan, dari waktu ke waktu, Serta dari hari ke hari, Dengan kata lain kita adalah Pahlawan dari cerita kita sendiri. Pengetahuan adalah warisan yang mulia, Budi pekerti ibarat pakaian yang baru dan pikiran ibarat cermin yang bening. Kita melihat kebahagiaan itu seperti pelangi, Tidak pernah berada diatas kepala sendiri, Tetapi selalu berada diatas kepala orang lain. Walaupun belum bisa hidup bahagia seutuhnya tapi akan lebih bahagia jika bisa mengindahkan hidup orang lain.

Welcome to my blog "My Spirit My Inspiration". Enjoy for read it..!!!

07 February 2012

PROSES atau HASIL ?!?!

    
           Jika sedang membicarakan tentang PROSES atau HASIL, Mana yang akan dipilih "Hasil yang maksimal tetapi bukan hasil keringat sendiri tanpa memandang prosesnya" ataukah "Hasil maksimal yang diperoleh dari keringat sendiri dengan mengetahui prosesnya"..?!?! Faktanya bagi sebagian orang lebih mementingkan hasil yang maksimal tetapi tidak dengan prosesnya. Contoh kecil dan nyata dikalangan pelajar (gue juga pernah ngerasain hal ini kok hmm *curcol dikit*) dan menurut saya, semakin seseorang mempunyai nafsu untuk mencapai sesuatu hal dengan hasil maksimal tanpa memikirkan prosesnya, itu semakin buruk untuk kepribadian seseorang tersebut karena yang terfikirkan hanyalah hasil yang maksimal dengan menghalalkan segala cara tapi tidak dengan bagaimana cara mendapatkan sesuatu tersebut dengan keringat dan kemampuan sendiri serta proses mendapatkannya, ini yang disebut dengan mementingkan HASIL dibandingkan PROSES. Ada beberapa alasan mengapa kebanyakan orang berorientasi pada HASIL bukan PROSES karena nyali mereka akan lebih ciutdengan harapan-harapan besar yang mereka sendiri meragukan kemampuan diri sendiri, bertindak kepada hasil akan membuat seseorang menjadi statis sehingga proses mencapai hasil terabaikan karena tidak ada inovasi, dan kualitas (hasil memang penting tapi akan tampak perbedaan antara yang berorientasi pada hasil dan yang berorientasi pada proses).



    
            Mengapa saya bisa menuliskan perbedaan seperti ini ?? Jawabannya karena ketika saya membaca sebuah buku motivasi pada sub bab yang menjelaskan tentang HASIL atau PROSES, awalnya saya sangat tertarik dengan kata-katanya yang singkat dan padat tapi jelas!! seterusnya hal itu terus terfikirkan, setelah membacanya lagi, lagi, dan lagi ternyata semua itu membuat saya termotivasi ingin melakukannya, terus berusaha untuk berorientasi pada proses walaupun terkadang sulit tapi saya yakin dengan pepatah yang mengatakan "Orang sukses dan berhasil karena sadar atau tidak, mereka berorientasi pada proses, sedangkan hasil berada pada urutan setelah tindakan dan proses". Sebenarnya bukan berarti HASIL itu tidak penting tetapi hasil berada pada level terluar, sesuatu yang sudah memiliki niat dan sudah terlihat, sisi terluarnya akan mengikuti sisi yang paling subtil. So, nilai dari hasil ditentukan dari prosesnya.

"Hanya orang gila yang mengharapkan hasil yang berbeda dengan cara yang sama"
(Albert Einstein)

         Seseorang yang berorientasi kepada hasil inilah yang belum bisa menyadari potensi yang ada dalam dirinya sendiri. Pada dasarnya mereka mampu berorientasi pada proses tapi mereka yang tidak mau!! Sadar atau tidak pda saat dalam kondisi terdesak, seseorang dapat mengluarkan potensi luar biasa yang dimilikinya. namun apabila kondisi terdesak itu tak kunjung datan, berusahalah untuk menghemat waktu yang dimiliki. misalnya dengan menrapkan konsep 5 menit saja, konsep ini mendorong seseorang untuk lebih disiplin dan tekun dan menghindari yang namanya penundaan. Nikmatilah segala proses yang terjadi karena semua itu akan terasa lebih mudah.

"Untuk mendapatkan sesuatu yang besar, mulailah dari hal-hal terkecil"
(Andi Arsyil Rahman Putra)


      
           So, come on !! Move on !!! Jadilah pribadi yang berkualitas jangan mau menjadi pribadi yang biasa-biasa saja, selangkah lebih maju jauh lebih baik kan dibandingkan menjadi pribadi yang statis tanpa ada inovasi ?!? Ya, karena PROSES itulah yang dapat menjadikan pribadi seseorang menjadi berkualitas. Seseorang juga harus mengeluarkan potensi diri yang dimilikinya, terkadang potensi itu muncul pada saat kondisi terdesak yang terkadang tak disadari adanya kekuatan yang dapat mengatasi situasi terdesak tersebut. Rasa takut dan hasrat kesenangan menjadi pemicu utama, terutama pada ancaman dan hal-hal negatif lainnya yang tak memberikan pilihan lain, suka tidak suka, mau tidak mau, senang tidak senang, semua itu HARUS !!! Terdesak merupakan salah satu motivasi terbesar untuk melakukan perubahan , CHANGE !! Menjadi pribadi yang berkualitas bukan berarti harus menjadi seseorang yang sempurna tapi semua itu harus membuat kita termotivasi untuk hidup diatas rata-rata dengan tidak selalu mementingkan hasil. Teruslah berusaha untuk selalu berorientasi kepada PROSES.!!




"Saat Anda mengalami perubahan, saat itulah Anda berhasil."
        (Andi Arsyil Rahman Putra)




NB :
Inspirasi dari hand's note ini adalah dari salah satu buku motivasi favorite saya yang berjudul "EURECLE! Anda Dan Setiap Manusia Adalah keajaiban" karya Andi Aryil Rahman Putra.

No comments:

Post a Comment